Senin, 13 Februari 2017

Pengelasan Adalah

Welding adalah fabrikasi atau proses patung yang bergabung materi, biasanya logam atau termoplastik, dengan menyebabkan fusi, yang berbeda dari teknik bergabung logam-suhu yang lebih rendah seperti mematri dan solder, yang tidak mencairkan logam dasar. Selain melelehkan logam dasar, bahan pengisi biasanya ditambahkan ke sendi untuk membentuk sebuah kolam bahan cair (las renang) yang mendinginkan untuk membentuk bersama yang biasanya lebih kuat dari bahan dasar. Tekanan juga dapat digunakan dalam hubungannya dengan panas, atau dengan sendirinya, untuk menghasilkan lasan.

Meskipun kurang umum, ada juga yang solid proses pengelasan negara seperti pengelasan gesekan atau terlindung las gas aktif di mana logam tidak mencair.

Beberapa metode pengelasan yang paling dikenal antara lain:

Terlindung busur logam las (SMAW) - juga dikenal sebagai "las tongkat atau las listrik", menggunakan elektroda yang memiliki fluks di sekitarnya untuk melindungi genangan las. Pemegang elektroda memegang elektroda karena perlahan mencair. Terak melindungi genangan las dari kontaminasi atmosfer.

Tungsten gas arc welding (GTAW) - juga dikenal sebagai TIG (tungsten, gas inert), menggunakan elektroda tungsten non-konsumsi untuk menghasilkan melas. Daerah las dilindungi dari kontaminasi atmosfer oleh shielding gas inert seperti argon atau helium.

busur logam gas pengelasan (GMAW) - biasa disebut MIG (metal, gas inert), menggunakan pistol makan kawat yang feed kawat pada kecepatan disesuaikan dan mengalir sebuah shielding gas berbasis argon atau campuran argon dan karbon dioksida (CO2) lebih genangan las untuk melindunginya dari kontaminasi atmosfer.

Fluks-buang biji las busur (FCAW) - hampir identik dengan MIG welding kecuali menggunakan kawat berbentuk tabung khusus diisi dengan fluks; dapat digunakan dengan atau tanpa shielding gas, tergantung pada pengisi.

Las busur terendam (SAW) - menggunakan elektroda habis otomatis makan dan selimut fluks melebur granular. Las cair dan zona busur dilindungi dari kontaminasi atmosfer dengan menjadi "tenggelam" di bawah selimut fluks.

Electroslag pengelasan (ESW) - sebuah proses lulus pengelasan tunggal yang sangat produktif untuk bahan tebal antara 1 inci (25 mm) dan 12 inci (300 mm) di vertikal atau dekat dengan posisi vertikal.
resistensi listrik pengelasan (ERW) - sebuah proses pengelasan yang menghasilkan perpaduan dari permukaan meletakkan di mana panas untuk membentuk las yang dihasilkan oleh hambatan listrik material. Secara umum, metode yang efisien, namun terbatas pada material yang relatif tipis.
Banyak sumber energi yang berbeda dapat digunakan untuk pengelasan, termasuk api gas, busur listrik, laser, sebuah sinar elektron, gesekan, dan USG. Sementara sering suatu proses industri,

Pengelasan dapat dilakukan dalam lingkungan yang berbeda, termasuk di udara terbuka, di bawah air, dan di luar angkasa. Welding adalah usaha yang berbahaya dan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari luka bakar, sengatan listrik, kerusakan penglihatan, menghirup gas dan asap beracun, dan paparan radiasi ultraviolet intens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar